Apa itu SEO ? - Pengertian dan Definisi Optimasi Mesin Pencarian

pengertian-dan-definisi-seo

Ketemulagi dengan saya adminisrator sekaligus pengurus blog seokincir,pada pertemuan kali ini saya agan berbagi sebuah ilmu pengetahuan yakni tentang apa itu seo ?? saya akan mengulasnya secara lengkap dan terperinci mulai dari manfaat Optimasi SEO pada blog,sejarah munculnya SEO,Teknik SEO,Pengertian dan Definisi SEO untuk Pemula dan masih banyak lagi. Ok biar tidak lama silakan disimak dibawah ini.

apa itu SEO ??? - SEO merupakan singkatan Search Engine Optimization yang merupakan sebuah usaha seseorang neter atau cyber untuk mengoptimalkan web,situs,wap atau blog agar semakin dicintai mesin pencarian maupun pengunjung.

Baca juga: Cara Mengatur Privasi Kiriman atau Status di fb agar bisa dibagikan ke publik

Menurut Wikipedia.org pengertian dan definisi SEO sendiri adalah.

"Search Engine Optimization ,atau biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencarian menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencarian tersebut."

Dari pengertian wikipedia sendiri dapat kita simpulkan bahwa SEO itu adalah serangkaian proses meningkatkan volume pengunjung dengan memanfaatkan mesin pencarian.

Tujuan pengoptimasian Mesin Pencarian (SEO) itu sendiri adalah untuk menempatkan situs web,blog,wap di posisi pertama atau setidaknya dihalaman utama yang sesuai dengan kata kunci yang dibidik atau ditetapkan secara logis. Blog atau situs web yang menempati halaman utama apalagi diposisi pertama, situs web atau blog tersebut sangat berpeluang besar kebanjiran visitor atau mendapatkan pengunjung dari berbagai search engine (mesin pencarian). Dengan begitu web tersebut menjadi sangat populer dan dapat berkesempatan mendapatkan tawaran pasang iklan dari neteler atau pengusaha.

Istilah Search Engine Optimimization sendiri mulai dikenal pada tanggal 26 juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diterbitkan di perusahaan Usenet. Pada waktu itu perkembangan algoritma mesin pencarian belum komplit sehingga mudah ditipi dan dimanipulasi oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab.

Versi awal algoritma mesin pencarian pada waktu itu informasi yang disediakan sepenuhnya oleh webmaster dan melalui meta tag pada kode HTML (hiper teks makrup line) situs web mereka sendiri.

Meta tag menyediakan informasi yang terkandung pada suatu halaman web berdasarkan kata kunci (keyword). Sebagian webmaster pada kala itu melakukan sebuah tindakan curang yakni manipulasi yang dilakukan dengan cara menulis keyword yang tidak sesuai dengan isi konten yang dibuat pada situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencarian tertipu dan salah menempatkan pringkat situs tersebut.

Maka hal ini menyebabkan kerugian dari pihak webmaster maupun pengguna internet kala itu yang sangat mengharapkan kualitas artikel yang dicari relevan dan berkualitas.

Lary page dan sergey brin,dua maha siswa universitas stanvord,mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun backrub,yakni sebuah mesin pencarian sederhana dengan mengandalkan sistem matematika untuk menempatkan posisi sebuah alamat web.

Algoritma mesin pencarian Tersebut dinamakan Page Rank,merupakan sebuah algoritma yang mengutamakan jumlah link yang masuk ke sebuah halaman web dengan analisis kualitas link tersebut.

Backrub hanyalah sebuah pemulaan,pada tahun 1998 page dan brin mulai merancang Google yang merupakan versi tingkat lanjut . Dalam waktu singkat google memperoleh kepercayaan dari netizen karena menyajikan informasi yang sangat akurat,dan relevan. Nah pada saat itu pagerank menjadi standar bagi mesin pencarian maupun webmaster.

Nah itulah tadi sejarah singkat dikenalnya Search Engine Optimization ,untuk lebih lengkapnya cari di google.

Manfaat Optimasi Mesin Pencarian - Manfaat SEO sendiri sangatlah banyak salah satunya meningkatkan kualitas serta trafik dimata mesin pencarian maupun pengunjung,selain itu SEO juga bermanfaat bagi web yang ingin memasang iklan terutama adsense agar pendapatan perbulan meningkat dan lanjay (lancar jaya).

Oh ya saya hampir lupa, SEO sendiri dibagi menjadi dua bagian diantaranya yakni Onpage dan Ofpage,buat caranya akan saya buat dipertemuan berikutnya, dan yang pastinya lengkap dan terperinci.

Nah karena keterbatasan karakter maka saya akhiri dulu pos ini,sekian dan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Apa itu SEO ? - Pengertian dan Definisi Optimasi Mesin Pencarian"

Biasakan setelah membaca berkomentar sesuai topik atau bertanya sesuai artikel.